Kamis, 06 Februari 2014

Menulis Cerita? Why Not?

Hai~
Jeje balik lagi. Kali ini, aku bakal posting tentang dunia yang sekarang kugeluti, yaitu tulis menulis.
Penasaran? Yuk, check this out!

Hidup kita emang nggak jauh-jauh dari yang namanya menulis. Di rumah kalian menulis, di sekolah juga, di mana mana kita bisa menulis.
Nah, menulis yang mau aku bahas di sini yaitu menulis cerita.

Banyak sih yang bilang kalau menulis cerita itu susah. Yang gak ada ide lah, yang males nglanjutinnya lah, ini itu, wah banyak banget alasannya.
Eittss, sebenarnya pendapat di atas itu salah loh. Menulis cerita itu gampang kok, cuma ada beberapa masalah yang bikin orang males buat menulis cerita. Ini nih beberapa masalah itu.

1. Mood (Persentase : 78%)
Kata orang, mood itu mempengaruhi seseorang dalam mengerjakan suatu hal. Misalnya, kalau kalian lagi badmood, pasti ujung-ujungnya ntar pengen marah mulu, kesel mulu. Ya kan? Iya nggak? Jujur deh, pasti sebagian besar orang bilang ya.
Tapi, itu kalau kalian nurutin mood kalian. Kalau kalian nggak nurutin mood kalian, pasti hidup kalian lancar-lancar aja. Jangan sering-sering badmood, ntar cepet tua loh.. Hihihi :3
Nah, kalau kalian ingin bisa menulis cerita dengan baik, jangan turutin badmood. Karena, mengerjakan suatu proyek hanya di saat goodmood aja nggak bakal ada hasilnya. Kalau kalian ingin maju, lawan aja badmood kalian.

2. Nggak ada ide / Writer's block (Persentase : 12%)
 Ide emang diperluin kalau lagi nulis cerita. Kalau nggak ada ide, pasti rasanya stres gitu. Eits, ide itu bisa didapat dari mana aja loh. Di mall, di rumah, di taman, di toilet umum, bahkan di kantor kepala sekolah *eh?*
Kalau kalian lagi WB, coba aja jalan-jalan ke mana gitu. Sambil menikmati perjalanan, kalian bisa mikir apa yang akan kalian tulis selanjutnya, jadi siapin buku notes kalau mau ke mana-mana. Kalau kalian dapet ide, langsung cabut bolpen terus tulis deh di notesnya.
Inget, ide bisa kalian dapat dari mana saja. Dari liat orang kencan, lihat orang tawar menawar di pasar, lihat tante tante rempong di mall, dari manaaaa aja, kalian pasti bakal dapet ide.

3. Males (Persentase : 10%)
"Duuh, males ah. Ntar dulu gih." "Duuh, capek. Besok aja deh."
Aaah, kalimat-kalimat di atas pasti sering kalian ucapin. Hellooo, kalau kalian gitu terus, kapan mau berhasil? Inget kata nenek, jangan suka nunda-nunda sesuatu.
Kalau kalian nurutin males, apapun yang kalian tuju nggak bakal kesampaian. Dan itu bakal bikin usaha kalian sia-sia aja.
Kalian nggak mau usaha kalian sia-sia kan? Yuk, kita bunuh rasa males kita :D

Yo'i, itu adalah alasan-alasan yang paling sering dilontarkan.
Duuh, padahal masalah di atas itu gampang ngatasinnya loh...

Jangan salah, aku juga pernah kayak kalian. Rasanya males gitu nglanjutin cerita. Namun, setelah mengevaluasi diri dan berusaha memperbaiki kesalahan, akhirnya sedikit demi sedikit aku bisa move on dari yang namanya WRITER'S BLOCK.

Nah, setelah baca postinganku ini, apa kalian tertarik menulis cerita?
Yuk, mari menulis cerita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar